Seputar Toyota AGYA

Keberhasilan perusahaan Toyota dalam mempertahankan posisinya sebagai kompetitor besar tidak lepas dari kemampuan dalam hal inovasinya. Hal ini yang kemudian melahirkan hatchback murah, dengan memanfaatkan skema Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia.


Tiga syarat bagi mobil untuk bisa diakui sebagai LCGC dan mendapatkan keringanan pajak
  1. Harga mobil harus berada pada kisaran Rp 95 juta sebelum pajak,
  2. Mobil harus hemat bahan bakar dengan jarak tempuh setidaknya 20 km/liter 
  3. 80% sumber komponen harus berasal dari dalam negeri. 
Toyota Agya, begitu hatchbak tersebut dinamai, didesain oleh Daihatsu Motor Jepang, dan memiliki kembaran bernama Daihatsu Ayla di Indonesia. Meskipun hadir dalam bentuk hatchback, tapi mobil ini didesain untuk dapat dihandalkan di jalanan perkotaan.

Toyota Agya tersedia dalam tiga varian berbeda di pasar indonesia yaitu : Tipe E (Toyota Agya E Transmisi Manual), Tipe G (Toyota Agya G Transmisi Manual dan Toyota Agya Transmisi Otomatis) serta the Tipe TRD S (Toyota Agya TRD S Transmisi Otomatis dan Toyota Agya TRD S Transmisi Manual). Yang Anda lihat di foto-foto di bawah adalah Agya TRD S dengan transmisi otomatis, yang merupakan varian paling mahal.

Sebagai penggerak, Toyota memasangkan mesin buatan Daihatsu, 1KR 12 1-liter. Mesin bensin 3-silinder 12 Katup DOHC tersebut bisa mencapai tenaga maksimum sebesar 65,3 PS pada 6000 rpm serta torsi maksimum sebesar 88 kgm pada putaran 3600 rpm.

Di sisi estetika, mobil ini hadir dengan tampilan baru yang lebih segar. Agya hadir dengan fitur yang tidak bisa dibilan lengkap, memang, tapi cukup mengakomodi. Tercatat ada multi informasi (MID), sistem audio 2-DIN, SRS airbags pada semua varian, dan dimensi interior yang cukup masuk akal untuk sebuah mobil perkotaan.

Untuk yang berjiwa dinamis, hatchback ini juga tersedia dalam varian sporty yang diwakili oleh Agya TRD S, seperti yang pernah kami uji. Versi ini dilengkapi dengan side skirt, tampilan bagian depan yang lebih gaya, desain velg yang berbeda, serta badge TRD S.
 
Share this article :
+
This is the current newest page
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Seputar Toyota AGYA"